Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat? Ini dia Penyebabnya !

Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat? Ini dia Penyebabnya !

Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat? Ini dia Penyebabnya !
Kencing adalah aktivitas tubuh yang normal untuk mengeluarkan air urin. Urin adalah cairan sisa yang diekskresikan oleh ginjal yang kemudian akan dikeluarkan dari dalam tubuh melalui proses urinasi. Pada sebagian orang, kencing bisa mengalami gangguan yang menyebabkan Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat.

Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pria. Jika terjadi pada pria, rasa sakit ini lebih sering terjadi pria yang lebih tua daripada mereka yang berusia muda. Mereka yang merasakan sakit saat kencing kemungkinan juga memiliki dorongan untuk buang air kecil lebih sering.

Ini dia Penyebab Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat

Infeksi saluran kencing

Infeksi saluran kencing merupakan salah satu jenis penyakit yang palaing sering menyebabkan keluhan kencing terasa sakit, perih dan tidak lancar. Infeksi saluran kencing adalah infeksi yang dapat terjadi pada saluran kencing. Penyebab infeksi saluran kencing adalah bakteri yang bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, dari kurangnya kebersihan daerah organ intim, jarang minum air putih, dan kebiasaan sering menahan kencing.

Infeksi Saluran kencing lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria, Hal ini dikarenakan ukuran uretra (saluran kencing keluar tubuh) pada wanita lebih pendek dan dekat dengan anus sehingga bakteri mudah masuk dan menginfeksi saluran kencing.

Gonore

Gonore adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri gonococcus. Penyakit ini bisa menjangkiti pria dan wanita. Gejala gonore pada pria berupa sakit saat buang air kecil dan keluar nanah dari penis. Sebagian besar pria yang terinfeksi mengalami gejala tersebut sehingga penyakit ini mudah dikenali. Berbeda pada wanita dimana gejala penyakit ini bisa tidak muncul pada kira-kira setengah para penderitanya sehingga lebih sulit dikenali.

Batu Kandung Kemih

Batu saluran kemih adalah kondisi dimana terdapatnya batu di saluran kemih. Ukuran batu kandung kemih sangat bervariasi dan semua orang punya risiko untuk menderita kondisi ini. Namun, laki-laki lanjut usia (biasanya di atas usia 52 tahun) lebih sering mengalaminya, terutama mereka yang menderita pembesaran prostat.

Gejala batu kandung kemih dapat dirasakan oleh kebanyakan penderitanya ketika batu tersebut menyumbat saluran urine atau melukai dinding kandung kemih.

Untuk memastikan penyebab keluhan yang Anda alami sebaiknya konsultasikan hal ini dengan dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Melalui pemeriksaan fisik dan tes penunjang jika diperlukan (tes urine, tes darah, USG, X-Ray dan sebagainya) dokter akan menganalisis penyebabnya.

Tips Mengatasi Kencing Tidak Tuntas


Jika Anda belum sempat untuk pergi ke dokter, ada beberapa tips yang bisa di lakukan, diantaranya:
  1. Perbanyak konsumsi air putih 2-3 liter sehari agar saluran kemih terbilas secara teratur sehingga bakteri tidak sempat berkembang biak
  2. Hindari kebiasaan untuk menahan keinginan untuk berkemih
  3. Buang air kecil secara teratur
  4. Membasuh organ intim dengan arah yang benar (dari depan ke belakang) untuk mencegah kontaminasi bakteri dari anus ke saluran kemih
  5. Bila Anda telah menikah biasakan untuk berkemih sebelum dan sesudah berhubungan intim
Itulah informasi tentang penyebab Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat. Terima kasih sudah berkunjung dan semoga bermanfaat.

Baca juga :

Cara Mengatasi Kencing Tidak Tuntas Pada Wanita dan Pria

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Kencing Terasa Sakit, Perih dan Tidak Lancar Tersendat Sendat? Ini dia Penyebabnya !"

Posting Komentar